Jumat, 23 Mei 2014

Klasifikasi Vigna unguiculata

Vigna unguiculata
Nama ilmiah                     :
:Vigna unguiculata (L.) Walp. ssp. sesquipedalis (L.)   Verdc. (1970).
Nama local                       :
kacang panjang, Kacang tunggak (Jawa).
Asal dan distribusi         :
Asal dan persebaran kacang panjang sangat mungkin berasal dari Asia Timur atau Asia Tenggara, mungkin juga dari Cina selatan mengingat keanekaragaman genetik yang tinggi di daerah ini. Ini adalah salah satu dari 10 jenis sayur-mayur peringkat teratas dalam hal arti pentingnya di semua negara-negara Asia Tenggara.
Deskripsi                          :
Tumbuhan pemanjat tahunan yang hampir tidak berbulu, dengan sistem perakaran yang berkembang dengan baik. Batang melilit, lebih atau kurang bersegi, dengan buku yang biasanya berwarna ungu. Penumpu jelas terlihat, berbentuk bundar telur, menempel. Daun berseling, berdaun tiga, dua daun pertama berhadapan, tidak simetris, bundar telur, kadang-kadang bercuping dangkal.
Nilai nutrisi                                   :
-sumber protein: Dengan kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam tiap 100 gram kacang panjang
-Vitamin B Kompleks :Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan)
Manfaat                 :
 daun dari jenis ini mengandung protein dan zat kapur yang tinggi dapat digunakan untuk pakan ternak ruminansia. Diantaranya jenis daun yang sudah cukup kita kenal antara lain : daun turi
Daftar pustaka     :

http://www.bundakonicare.com/post/healthy-family/rahasia-kacang-panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar